Senin, 23 Januari 2012

"Perempuan Pilihan Dewa"

Kali ini saya bersama teman-teman Teater UI bersinergi bersama dalam sebuah project pementasan besar berjudul "Perempuan Pilihan Dewa" . Sebuah kisah adaptasi dari cerita "A Good Person from Schezwan" yang dibuat oleh seorang seniman dari Jerman, Bertolt Brecht. Bersama bang Alfian Siagian sebagai sutradara jempolan kami, selama lebih dari 3 bulan proses lamanya teman-teman teater UI berpeluh keringat dan menyatukan rasa bersama untuk satu tujuan pementasan besar di Graha Bhakti Budaya, TIM.

Ceritanya sendiri berkisah tentang seorang wanita muda yang baik hati bernama Shente, yang hidup di lingkungan yang penuh dengan kejahatan dan kemiskinan. Suatu hari Shente didatangi oleh 3 Dewa yang turun ke bumi untuk mencari apakah masih ada orang yang mulia hatinya. Namun kemudian, Shente menyadari bahwa ia tidak menemukan orang baik hati tersebut dan karena tekanan yang sangat berat terhadapnya ia terpaksa menciptakan karakter Alter-egonya yang bernama Sun.

Saya disini berperan sebagai pembuat semua material desain untuk pementasan. Berawal dari icon Shente dan Sun, saya mencoba menvisualkannya menjadi sebuah topeng yang berkarakter. Proses pengerjaan topeng itu sendiri mengalami beberapa kali revisi oleh bang Pian .


semula saya berpikir untuk menyatukan kedua karakter Shente dan Sun sekaligus dalam satu topeng, namun kemudian dalam prosesnya diputuskan cukup gambaran karakter Sun saja yang ada didalam topeng. Yang finalnya adalah seperti ini :


Kemudian saya berfikir bagaimana caranya untuk memasukan karakter Shente kedalam elemen lainnya agar pesannya bisa mudah tertangkap namun tetap cantik terlihat. Maka poster kami akhirnya adalah...tadaaa :


bersamaan dengan material ini, kami sangat puas dengan tanggapan teman2 yang sangat mengapresiasi pementasan kami. Dua hari pementasan yg bisa dibilang sukses. Selamat ya teman-teman Teater UI dan terima kasih untuk semua yang menyempatkan untuk hadir dalam pementasan kami ! :)



1 komentar:

  1. Dear Siti,

    gak sengaja aku nemu blogmu. aku sedang cari kutipan "

    kalau bulan kue serabi...

    kalo punya penggalan naskah lengkapnya, bolehlah dikirim ke emailku, kawansyam@yahoo.com

    salam,
    penggemar teatersastraui :)

    BalasHapus